0

Chapter 16 >> Akun internasional (2)Pertanyaan Studi (Study Questions) , Poin Diskusi (Discussion Points)

Posted by WELCOME TO MY BLOG on 11.33

KELOMPOK SINGAPORE

ANGGOTA : Alinda Martha Fury

Fanny

Sendy Amelia

Sherly Tanu Wijaya

NAMA : ALINDA MARTHA FURY ( 20207088)

(STUDY QUESTION)

  1. Implikasi dari pembahasan dalam bab ini adalah bahwa sebagai sebuah perusahaan menjadi lebih global, lebih berkonsentrasi pada mekanisme informal dan halus untuk mengendalikan. Mengapa demikian? Apakah menurut Anda mekanisme struktural dan formal menjadi usang? membahas alasan Anda.

jawab

Dalam perspektif perusahaan, adanya globalisasi perusahaan berarti meningkatnya keterlibatan kegiatan bisnis di seluruh dunia. Menurut Hout, Porter, dan Rudden (1982) menyatakan bahwa perusahaan yang lebih senang mengadopsi strategi multidomestik adalah perusahaan yang memiliki produk yang berbeda-beda dari pasar suatu negara ke pasa negara lainnya. Hamel dan Prahalad (1992), membedakan antara kompetisi global, bisnis global, dan perusahaan global. Kompetisi global terjadi ketika perusahaan bertemu dalam perebutan pangsa pasat dalam pencarian merk global. Bisnis global merupakan jumlah minimum yang diperlukan untuk efisiensi biaya yang tidak tersedia di pasar negara asal sehingga mengejar pasar luar negeri. Perusahaan global memiliki system distribusi dalam pasar kunci yang memungkinkan untuk penerimaan bantuan, persaingan internasional & volume skala dunia. Menurut Barlett dan Ghosal (1989) mengidentifikasi 3 hal penting yang memengaruhi struktur global, derajat desentralisasi dari pembuatan keputusan dan kultur organisasi dari perusahaan yaitu: kekuatan untuk integrasi global, kekuatan terhadap perbedaan lokal, dan kekuatan untuk inovasi di seluruh dunia Dalam mekanisme yang cerdik dan informal Meliputi hubungan lateral, komunikasi informal, dan kultur organsisasi. Hubungan lateral menunjukkan varisasi gugus tugas dan pertemuan yang dipegang terhadap keseluruhan struktur formal untuk memenuhi sasaran perusahaan. Komunikasi informal melibatkan jaringan kerja dari kontak personal pengembang setiap waktu dalam pengorganisasian. Kultur organisasi adalah hasil dari proses asosiliasi individual di dalam perusahaan dan penyeberangan dalam batas-batas nasional yang boleh diberlakukan oleh orang sama yang berbeda atau secara konsisten.

  1. Apa dampak apakah struktur organisasi perusahaan terhadap sistem kontrol?

Jawab :

Jika kontrol dilakukan berdasarkan kriteria tertentu, perusahaan diorganisir ke dalam beberapa unit bisnis karena setiap unit manajer bertanggung jawab atas keuntungan tiap unit produksi, dan rencana dan penerapannya, koordinasi dan kontrol terhadap elemenelemen yang berpengaruh pada usaha meraih keuntungan. Kontrol tidak hanya berdasarkan kriteria semata. Organisasi fungsional mungkin lebih efisien karena unit fungsional yang lebih besar bermanfaat dari segi ekonomi. Organisasi unit bisnis terkadang menghendaki tipe manajer yang punya keahlian luas (GM) untuk mengelola beberapa fungsi. Karena kewajiban bertanggung jawab atas keuntungan dalam organisasi unit bisnis, pencipta sistem kontrol manajemen terkadang menganjurkan pada organisasi tanpa memberi keberatan pada pertimbangan yang terlibat dalam desain organisasi. Sekalipun demikian, tidak ada Cara lain, pembuat sistem harus mencocokkannya pada organisasi. Dengan kata lain, walaupun implikasi kontrol dari beragam organisasi seharusnya menjadi pembahasan dengan senior manajemen, suatu ketika manajemen memutuskan struktur terbaik, setelah dipertimbangkan, pencipta desain harus mengambil struktur tersebut. Hal di atas juga penting dalam konteks lain. Contohnya, banyak perusahaan periklanan mempraktekkan penggiliran para account supervisor dengan jarak waktu yang saam untuk menghasilkan pemikiran yang segar bagi pengembangan produk periklanan.

  1. Lihatlah laporan tahunan suatu MNE. Ketika Anda tentang lini produk dan operasi geografis, seperti apa yang ada dalam struktur organisasi yang akan Anda tebak dalam perusahaan? Apakah sistem informasi manajemen (MIS) akan lebih konsisten dengan filosofi etnocentric, polisentris, atau geosentris?

Jawab :

Sistem Informasi Manajemen lebih konsistem dengan filosofi etnosentrik dan geosentrik terutama dalam mengoperasikan pada Arus informasi yang bebas melintasi perbatasan nasional sangat penting untuk keberhasilan operasi dari sistem informasi manajemen sebuah MNE's (MIS) dan, dengan perluasan, pengoperasian MNE itu sendiri. Selanjutnya, pengelolaan arus informasi ini sama pentingnya dengan pengelolaan sebagai aset perusahaan dan produksi. kemampuan komputer yang MNE untuk berkomunikasi satu sama lain dalam jaringan transnasional memungkinkan informasi akan disimpan, diproses, diambil, dan digunakan dalam pengambilan keputusan dengan efisiensi yang besar, dan memfasilitasi komunikasi, perencanaan, formulasi strategi, dan kontrol.

4. mengapa fungsi akuntansi dari suatu perusahaan harus terpusat? Apa aspek fungsi akuntansi harus memusatkan?

Jawab :

Di sisi lain, mungkin penting untuk memusatkan fungsi akuntansi karena induk perusahaan perlu untuk mengkonsolidasikan operasi di seluruh dunia sesuai dengan GAAP negara perusahaan induk. lokal dapat menyebabkan perbedaan yang berbeda dari buku-buku untuk disimpan, tetapi perusahaan induk mungkin akan masih memerlukan yang satu set buku disimpan sesuai dengan induk perusahaan GAAP.

Ya harus memusatkan. contonya Coca-cola memberikan contoh penggunaan pedoman kebijakan untuk memperpanjang filsafat lebih terpusat ke fungsi akuntansi. Pada pertengahan 1980-an. Coca-Cola manajemen mengembangkan, komprehensif dan mudah-ke-referensi akuntansi manual untuk membantu menjaga kontrol keuangan yang kuat selama operasi. Sebuah grafik universal akuntansi didirikan sehingga setiap akun di neraca dan laporan laba rugi akan konsisten di seluruh dunia.

5. apa yang menjadi hubungan lateral dimensi kontrol, dan dengan cara apa Anda akan mengetahui hubungan lateral mempengaruhi sistem kontrol perusahaan?

Jawab :

Hubungan lateral mempengaruhi kontrol perusahaan yang mengacu pada berbagai macam tugas dan pertemuan yang diadakan di seluruh struktur formal untuk mencapai tujuan perusahaan. Contohnya adalah memiliki produk manajer dan koordinator wilayah geografis akan membahas strategi. Hal ini sangatlah penting bagi perusahaan yang masuk ke dalam aliansi strategi dengan satu sama lain. Sebagai contoh, pada tahun 1992, telekomunikasi Utara mengadakan aliansi strategis dengan anak Komunikasi Matra dari Marta Hachette Perancis. Northern Telecom dan Komunikasi Matra segera diidentifikasi domain produk empat yang mungkin menawarkan potensi sinergi. Mereka menciptakan empat kelompok kerja dari delapan sampai sepuluh orang yang bertemu setiap bulan untuk menentukan cara-cara tertentu untuk bekerja sama di daerah masing-masing. Anggota keempat kelompok diselenggarakan dalam sidang umum setiap tiga bulan untuk melaporkan kemajuan dan permasalahan kepada manajemen. Komunikasi informal melibatkan jaringan kontak pribadi yang satu berkembang dari waktu ke waktu dalam organisasi. Budaya organisasi

6. Apa FCPA, dan bagaimana telah itu mempengaruhi sistem kontrol MNEs Korup itu?

Jawab :

Undang –undang praktik korupsi asing dirancang untuk menghilangkan dua masalah:

Pengendalian internal yang buruk dan produk mereka di bagian, penyuapan. Apakah pengaruh yang dibeli dengan uang pelicin (Timur Tengah), nordida (meksiko), dash (africa barat), atau bustarella (itali, bisa sangat mahal memang untuk perusahaan U. S karena FCPA tahun 1997, yang diubah pada tahun 1988 . Dalam menyelidiki kasus Watergate dan sesudahnya, SEC sangat terkejut pada sejauh mana eksekutif perusahaan dan karyawan dipalsukan buku dan catatan dan sistem pengendalian dielakkan internal (di mana mereka ada) untuk membuat suap asing Tanggapan SEC-FCPA -. adalah mempengaruhi cara perusahaan beroperasi di luar negeri dan rekening untuk dan mengendalikan operasi. Penyuapan itu sendiri telah disebut segala sesuatu dari pemerasan hanya bagian lain dari bauran pemasaran dalam bisnis internasional. Masalah untuk MNE adalah bahwa hal itu beroperasi di berbagai negara dengan prctices bisnis yang berbeda dan hukum dan bersaing dengan perusahaan dari negara-negara lain yang juga memiliki set berbeda hukum bisnis dan adat istiadat. Praktek-praktek korupsi asing Undang-undang dibentuk untuk menghilangkan penyuapan pejabat pemerintah asing, untuk memastikan bahwa buku-buku dan catatan disimpan dengan baik dan untuk membentuk pengendalian internal yang baik

7. Masalah apa yang mungkin dihadapi dalam perusahaan AS karena mereka beroperasi di dunia di mana sesuai dengan FCPA yang dibutuhkan?

Dampak dengan FCPA pada perusahaan-perusahaan AS dalam jajak pendapat 1983 dari 1200 perusahaan-perusahaan besar AS, sejumlah hal yang menarik ditemukan. Meskipun 78% eksekutif merasa bahwa FCPA dibuat sangat sulit untuk menjual di negara-negara di mana penyuapan dalam kehidupan, 55% merasa bahwa kecuali hukum adalah meskipun, pembayaran besar kecil akan berubah menjadi penyuapan utama pejabat pemerintah. Memang, hukum adalah peraturan yang harus ditaati, termasuk hukuman denda sampai $ 1 juta untuk perusahaan dan sampai $ 10.000 dan 5 tahun penjara bagi seorang individu dihukum karena berada di FCPA. Pada tahun 1988 undang-undang tersebut telah dimodifikasi untuk mengakses hanya perdata daripada pidana denda untuk violatiors lalai atau tidak disengaja hukum, sementara pelanggar dihukum karena maksud untuk menipu akan tetap guility kewajiban pidana.

8. Sebutkan beberapa masalah utama yang terlibat dalam melakukan audit internal internasional?

Jawab :

Globalisasi yang membawa liberalisasi pada segala bidang, termasuk liberalisasi ekonomi hendaknya memacu profesi internal audit untuk lebih responsif terhadap kebutuhan manajemen dalam rangka tetap kompetitif di pasar bisnis. Tidak hanya dalam teknis dan standar profesi saja, tetapi juga dalam pengaruh kegiatannya terhadap bidang ekonomi dan sosial secara keseluruhan. Mereka semestinya harus bersiap-siap menghadapi lingkungan baru dan sudah saatnya memikirkan apa yang harus diperbaiki baik secara internal maupun eksternal. Di era globalisasi, auditor internal akan menghadapi tantangan yang lebih berat, sehingga adaptasi yang inovatif perlu dilakukan terhadap kultur, struktur, dan sistem. Berbagai penilaian dan persepsi negatif sering ditujukan terhadap fungsi internal audit. Audittee seringkali merasa bahwa keberadaan divisi internal audit hanya akan mendatangkan cost yang lebih besar dibanding benefit yang akan diterima. Auditor internal dianggap masih jauh peranannya untuk dapat menjadi seorang konsultan internal (yang merupakan ekspresi tertinggi dalam peran pengawas internal). Seringkali usulan perubahan atau rekomendasi dari audit internal masih dianggap menyulitkan dan merugikan bagi audittee, bahkan terkesan formalitas dan cenderung mengabaikan tingkat kesulitan atau kendala yang akan dihadapi oleh audittee nantinya atas pelaksanaan saran dari bagian audit internal tersebut Dengan kata lain, usulan yang diberikan auditor internal kepada audittee seringkali lebih banyak konsepnya, dibanding penerapannya.

9. Menggunakan laporan tahunan dari MNE menggambarkan apa yang Anda pikirkan organisasi departemen audit internal mungkin terlihat seperti

Jawab :

Membangun pengetahuan, persepsi dan kepedulian (awareness) akan sebuah profesi membutuhkan upaya yang sungguh-sungguh dan terus menerus. Demikian pula dengan profesi audit internal. Sejauh ini, bukan hanya khalayak umum yang mungkin belum memahami apa dan bagaimana profesi audit internal. Mungkin stakeholder utama audit internal seperti direksi, komisaris, komite audit, dan manajemen lini juga sebagian tidak memiliki awareness yang memadai terhadap aktivitas audit internal. Bahkan masih dimungkinkan pula, pelaku profesi ini pun masih ada pula yang tidak sepenuhnya memahami. Hal terakhir bukan tidak mungkin, mengingat hasil survey dari Global Internal Audit Survey 2010 menunjukkan bahwa internal rekrutmen (staf rotasi dari departemen lain) masih merupakan pemasok terbesar sumber daya manusia aktivitas audit internal.

Sehubungan dengan penerbitan kerangka manajemen risiko perusahaan secara terpadu (Enterprise Risk Management – Integrated Framework) oleh Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO), The Institute of Internal Auditor (IIA) bekerja sama dengan Afiliasi IIA di Inggris dan Irlandia, telah mengeluarkan sebuah makalah posisi (position paper) dengan judul The Role of Internal Auditing in Enterprise-wide Risk Management. Tujuan makalah ini adalah untuk membantu Kepala Eksekutif Audit dalam menanggapi isu-isu ERM dalam organisasi mereka. Makalah ini memberikan pedoman bagi auditor internal untuk mempertahankan objektivitas dan independensi yang dipersyaratkan oleh Standar Internasional untuk Praktik Profesional Audit Internal ketika mereka memberikan layanan pemastian (assurance) dan layanan konsultasi. Peran inti audit internal yang berkaitan dengan ERM adalah untuk memberikan layanan pemastian yang objektif bagi Dewan mengenai efektivitas kegiatan ERM organisasi. Pemastian ini membantu meyakinkan bahwa risiko bisnis kunci telah dikelola dengan tepat, dan bahwa sistem pengendalian internal telah berjalan secara efektif. Faktor utama yang harus dipertimbangkan oleh Kepala Eksekutif Audit saat menentukan peran audit internal adalah apakah suatu kegiatan menimbulkan ancaman terhadap independensi dan objektivitas auditor internal serta apakah memang terdapat kemungkinan untuk meningkatkan proses manajemen risiko organisasi, kontrol, dan proses tata kelola.

10. Sebutkan beberapa faktor utama yang perlu diperhatikan dalam merancang sistem informasi manajemen perusahaan global, dan apa sistem yang harus dicapai?

Faktor yang harus diperhatikan adalah sistem informasi manajemen tersebut harus mampu menyeimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh artinya SIM akan menghemat biaya, meningkatkan pendapatan serta tak terukur yang muncul dari informasi yang sangat bermanfaat. Organisasi harus menyadari apabila mereka cukup realistis dalam keinginan mereka, cermat dalam merancang dan menerapkan SIM agar sesuai keinginan serta wajar dalam menentukan batas biaya dari titik manfaat yang akan diperoleh, maka SIM yang dihasilkan akan memberikan keuntungan dan uang.

11. Apa yang dimaksud dengan pertukaran data elektronik dan apa kontribusinya terhadap sistem kontrol di perusahaan multinasional?

Pertukaran data elektronik adalah metode untuk saling bertukar data bisnis atau transaksi secara elektronik melalui jaringan komputer. Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik.

Kontribusinya terhadap sistem kontrol di perusahaan multinasional adalah dapat membantu para pelaku bisnis mengkomunikasikan dokumennya dengan pihak lain lebih cepat, akurat dan lebih efisien karena sifatnya yang dapat mengeliminir kesalahan yang diakibatkan proses re-entry dan dapat mengurangi pemakaian kertas, komunikasi dan biaya-biaya lain yang timbul pada metode konvensional sehingga diharapkan dapat menekan biaya-biaya yang tidak diperlukan dan diharapkan dapat meningkatkan laba kepada pemakainya. Apabila proses tersebut terpenuhi, otomatis proses bisnis internal perusahaan tersebut akan menjadi lebih baik, terencana dan pada akhirnya hubungan bisnis dengan pihak lain-pun akan dapat lebih baik juga.

12. Mengapa begitu sulit bagi perusahaan multinasional untuk mentransfer data dari satu negara ke negara lain?

Adanya perbedaan perbedaan tiap Negara, seperti perbedaan bahasa, budaya, praktik bisnis, struktur politik, sistem hukum dan nilai mata uang, serta peraturan perundang-undangan mempengaruhi bagaimana perusahaan multinasional untuk mentransfer data dari satu negara ke negara lain.

Case: Autoparts Inc (Discussion)

1. Apakah sistem autoparts dari standar pelaporan salah satu yang baik? pertimbangan apa yang mendukung dan menentang itu?

Ya, karena tujuan utama dari sistem ini adalah untuk menyediakan kantor pusat dengan informasi akuntansi dapat dibandingkan secara langsung dengan cara yang tepat dan tepat waktu. kantor pusat percaya bahwa sistem seperti itu diperlukan untuk memfasilitasi pengumpulan dan pemilahan data data keuangan untuk pelaporan ke berbagai daerah pemilihan dan untuk pengambilan keputusan manajemen internal. kantor pusat juga percaya bahwa sistem yang canggih memaksa manajer untuk perencanaan yang lebih baik

2. Apakah dengan kebijakan autoparts yang tidak ada pengecualian, tidak ada satu alasan yang masuk akal?faktor apa yang berpendapat untuk kebijakan ini dan menentang itu?

Sistem autoparts merupakan salah satu pelaporan yang baik bagi suatu perusahaan, serta memberikan suatu informasi yang baik secara tepat dan tepat waktu. Mnurut pendapat kami bahwa sebagian besar perusahaan mendukung adanya sistem autopart ini dan mungkin sedikit kemungkinan tidak ada yang menentang sistem itu.

3. Berdasarkan jawaban Anda untuk pertanyaan satu dan dua, seharusnya anak perusahaan italian dipaksa untuk mengadopsi sistem autoparts sebagaimana yang ada, dengan modifikasi, atau tidak sama sekali?

Harusnya anak perusahaan di itali mengadopsi sistem autoparts.


|

0 Comments

Poskan Komentar

Copyright © 2009 Blog Alinda Martha Fury All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.